7 Comments

PEMROGRAMAN

Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang populer dikalangan para akademisi dan praktisi komputer. Java dikembangkan pertama kali oleh James Gosling dari Sun Microsystems pada tahun 1990-an. Java pertama kali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah bahasa komputer yang ditulis satu kali dan dapat dijalankan dibanyak sistem komputer berbeda tanpa perubahan kode berarti. Kebanyakan bahasa komputer yang ada memiliki keterbatasan migrasi sistem yang berbeda. Java diciptakan sebagai sebuah bahasa baru dengan implementasi yang berbeda. Bahasa Java merupakan bahasa berorientasi objek yang diturunkan dari C++ dengan banyak penyempurnaan. Pada umumnya, para pakar pemrograman berpendapat bahwa bahasa Java memiliki konsep yang konsisten dengan teori pemrograman objek dan aman untuk digunakan. Kini universitas-universitas di berbagai negara berpaling dari Pascal atau C++ kemudian memilih Java sebagai bahasa untuk belajar pemrograman.

Java sebagai bahasa pemrograman yang banyak disukai orang karena konsep pemrogramannya yang konsisten dengan teori orientasi objek serta aman untuk di gunakan, maka Java memiliki beberapa keunggulan :
• Sederhana
• Berorientasi Objek
• Terdistribusi
• Aman
• Netral Arsitektur
• Portable
• Interpreter
• Powerfull
• Multithreading
• Dinamis

Komponen Java
• JVM (Java Virtual Machine)
Java dapat berjalan pada sebuah sistem operasi membutuhkan Java Virtual Machine (JVM). JVM sendiri terdiri dari Java Runtime Environment (JRE) dan Java Development Kit (JDK). Sun Microsystems mengeluarkan tiga kelas paket Java, yaitu J2-SE JRE (hanya berisi JRE), J2- SE SDK (berisi JDK + JRE), dan J2-EE SDK (berisi JDK+JRE dan tools untuk aplikasi enterprise). Untuk versi SE (Standard Edition) tersedia gratis pada situs www.java.com.
• IDE (Integrated Development Environment)
IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah editor pemrograman sebuah bahasa. Untuk Java sendiri ada banyak IDE yang tersedia dipasaran baik yang bersifat gratis (freeware) ataupun yang berbayar. Beberapa IDE yang populer antara lain, JCreator (www.jcreator.com), Netbeans (www.netbeans.org), JBuilder (www.borland.com/jbuilder), dan lain-lain.
• Class
Unit yang paling mendasar dalam pemrograman java adalah class. Class adalah komponen aplikasi yang menangani kode dan data dalam pemrograman java.

Object
Sebuah object adalah sebuah entiti yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik. Inilah instance sebenarnya dari sebuah class. Ini juga dikenal sebagai instance. Instance dibuat sewaktu Anda meng-instantiate class menggunakan kata kunci new. Dalam sistem registrasi siswa, contoh dari sebuah object yaitu entiti Student.

Atribut
Atribut menunjuk pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. Dikenal juga sebagai member data, variabel instance, properti atau sebuah field data. Kembali lagi ke contoh sistem registrasi siswa, atribut dari sebuah siswa adalah nomor siswa.

Method
Sebuah method menjelaskan behaviour dari sebuah object. Method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur. Sebagai contoh, method yang mungkin tersedia untuk entiti siswa adalah method register.

Konstruktor
Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Ingat bahwa konstruktor bukan member(yaitu atribut, method atau inner class dari sebuah object).

Package
Package menunjuk pada pengelompokkan class dan/atau subpackages. Strukturnya dapat disamakan dengan direktorinya.

Enkapsulasi
Enkapsulasi menunjuk pada prinsip dari menyembunyikan desain atau mengimplementasikan informasi yang tidak sesuai pada object yang ada.

Abstraksi
Sementara enkapsulasi menyembunyikan detail, abstraksi mengabaikan aspek dari subyek yang tidak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak mengkonsentrasikan yang ada.

Pewarisan
Pewarisan adalah hubungan antara class dimana dalam satu class ada superclass atau class induk dari class yang lain. Pewarisan menunjuk pada properti dan behaviour yang diterima dari nenek

Polimorfisme
Polimorfisme adalah kemampuan dari sebuah object untuk membolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda. Secara harfiah, “poli” berarti banyak sementara “morph” berarti bentuk. Menunjuk pada contoh sebelumnya pada pewarisan, kita lihat bahwa object SuperHero dapat juga menjadi object FlyingSuperHero atau object UnderwaterSuperHero.

nterface
Sebuah interface adalah sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta. Ketika sebuah class implements sebuah interface, ini mengimplementasikan semua method yang dideklarasikan dalam interface.

Struktur Program Java
Pada bagian ini meringkaskan syntax dasar yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Java.
Mendeklarasikan class Java
::=
class {
*
*
*
}

dimana adalah sebuah access modifier, yang mana boleh dikombinasikan dengan tipe
yang laen dari modifier.

Petunjuk Penulisan Program:
* = berarti bahwa boleh ada 0 atau lebih kejadian dari deret tersebut yang menggunakannya
juga.
= menunjukkan bahwa Anda harus mengganti nilai sebenarnya untuk bagian ini daripada menguranginya penulisannya. Ingat bahwa untuk class teratas, acces modifier yang valid hanyalah public dan package(yakni jika tidak ada acces modifier mengawali kata kunci class).

Contoh berikut ini mendeklarasikan blueprint SuperHero.
Class SuperHero {
String superPowers[];
void setSuperPowers(String superPowers[]) {
this.superPowers = superPowers;
}
void printSuperPowers() {
for (int i = 0; i < superPowers.length; i++) {
System.out.println(superPowers[i]);
}
}
}

Mendeklarasikan Atribut
::=
[= ];
::=
byte | short | int | long | char | float | double | boolean
|

Petunjuk Penulisan Program:
[] = Menunjukkan bahwa bagian ini hanya pilihan.
Inilah contohnya.

public class AttributeDemo {
private String studNum;
public boolean graduating = false;
protected float unitsTaken = 0.0f;
String college;
}

Mendeklarasikan Method
::=
(*) {
*
}
::=
[,]

Sebagai contoh:

class MethodGapra {
int data;
int getData() {
return data;
}
void setData(int data) {
this.data = data;
}
void setMaxData(int data1, int data2) {
data = (data1>data2)? data1 : data2;
}
}

Mendeklarasikan sebuah Konstruktor
::=
(*) {
*
}

Jika tidak ada konstruktor yang disediakan secara jelas, konstruktor default secara otomatis membuatkannya untuk Anda. Konstruktor default tidak membawa argumen dan tidak berisi pernyataan pada tubuh class.
Petunjuk Penulisan Program:
Nama konstruktor harus sama dengan nama class. yang valid untuk konstruktor adalah public, protected, dan private. Konstruktor tidak memiliki nilai return.

Perhatikan contoh berikut.
class ConstructorGapra {
private int data;
public ConstructorGapra() {
data = 100;
}
ConstructorGapra(int data) {
this.data = data;
}
}

Meng-instansiasi sebuah class

Untuk meng-instantiate sebuah class, dengan sederhana kita gunakan kata kunci new diikuti dengan pemanggilan sebuah konstruktor. Mari lihat langsung ke contohnya.

class ConstructObj {
int data;
ConstructObj() {
/* menginisialisasi data */
}
public static void main(String args[]) {
ConstructObj obj = new ConstructObj(); //di-instantiate
}
}

Mengakses Anggota object
Untuk mengakses anggota dari sebuah object, kita gunakan notasi “dot”. Penggunaanya seperti berikut:
.
Contoh selanjutnya berdasar pada sebelumnya dengan pernyataan tambahan untuk mengakses anggota dan method tambahan.

class ConstructObj {
int data;
ConstructObj() {
/* inisialisasi data */
}
void setData(int data) {
this.data = data;
}
public static void main(String args[]) {
ConstructObj obj = new ConstructObj(); //instantiation
obj.setData = 10; //access setData()
System.out.println(obj.data); //access data
}
}

Package
Untuk menunjukkan bahwa file asal termasuk package khusus, kita gunakan syntax berikut:
::=
package ;

Untuk mengimpor package lain, kita gunakan syntax berikut:
::=
import ;

Dengan ini, source code Anda harus memiliki format berikut:

[]
*
+

Petunjuk Penulisan Program:
+ menunjukkan bahwa boleh ada 1 atau lebih kejadian pada baris ini dalam pengaplikasiannya.
Sebagai contoh.

package registration.reports;
import registration.processing.*;
import java.util.List;
import java.lang.*; //imported by default
class MyClass {
/* rincian dari MyClass */

Enkapsulasi
Menyembunyikan elemen dari penggunaan sebuah class dapat dilakukan dengan pembuatan anggota yang ingin Anda sembunyikan secara private. Contoh berikut menyembunyikan field secret. Catatan bahwa field ini tidak langsung diakses oleh program lain menggunakan method getter dan setter.
class Encapsulation {
private int secret; //field tersembunyi
public boolean setSecret(int secret) {
if (secret 100) {
return false;
}
this.secret = secret;
return true;
}
public getSecret() {
return secret;
}
}

Pewarisan
Untuk membuat class anak atau subclass berdasarkan class yang telah ada, kita gunakan kata kunci extend dalam mendeklarasikan class. Sebuah class hanya dapat meng-extend satu class induk.
Sebagai contoh, class Point di bawah ini adalah superclass dari class ColoredPoint.

import java.awt.*;
class Point {
int x;
int y;
}
class ColoredPoint extends Point {
Color color;
}

Method Overriding
Method subclass override terhadap method superclass ketika subclass mendeklarasikan method yang signaturenya serupa ke method dalam superclass. Signature dari method hanyalah informasi yang ditemukan dalam definisi method bagian atas. Signature mengikutkan tipe return, nama dan daftar parameter method tetapi itu tidak termasuk acces modifier dan tipe yang lain dari kata
kunci seperti final dan static. Inilah perbedaan dari method overloading. Method overloading secara singkat didiskusikan dalam sub bagian pada kata kunci this.

class Superclass {
void display(int n) {
System.out.println(“super: ” + n);
}
}
class Subclass extends Superclass {
void display(int k) { //method overriding
System.out.println(“sub: ” + k);
}
}
class OverrideDemo {
public static void main(String args[]) {
Subclass SubObj = new Subclass();
Superclass SuperObj = SubObj;
SubObj.display(3);
((Superclass)SubObj).display(4);
}
}

Ini akan menghasilkan keluaran sebagai berikut.
sub: 3
sub: 4

Pemanggilan method ditentukan oleh tipe data sebenarnya dari object yang diminta method.

Acces modifier untuk method yang dibutuhkan tidak harus sama. Bagaimanapun, acces modifier dari method overridding mengharuskan salah satunya punya acces modifier yang sama seperti itu dari method overridden atau acces modifier yang kurang dibatasi. Perhatikan contoh selanjutnya. Periksa yang mana dari method overridding berikut akan menyebabkan waktu meng-compile akan menyebabkan error.

class Superclass {
void overriddenMethod() {
}
}
class Subclass1 extends Superclass {
public void overriddenMethod() {
}
}
class Subclass2 extends Superclass {
void overriddenMethod() {
}
}
class Subclass3 extends Superclass {
protected void overriddenMethod() {
}
}
class Subclass4 extends Superclass {
private void overriddenMethod() {
}
}

Class Abstract dan Method
Bentuk umum dari sebuah method abstract adalah sebagai berikut:
abstract (*);
Sebuah class yang berisi method abstract harus dideklarasikan sebagai sebuah class abstract.
abstract (*);abstract class
{
/* constructors, fields and methods */
}

Kata kunci tidak dapat digunakan pada konstruktor atau method static. Ini juga penting untuk diingat bahwa class abstract tidak dapat di-instantiate. Class yang meng-extends sebuah class abstract harus mengimplementasikan semua method abstract. Jika tidak subclass sendiri dapat dideklarasikan sebagai abstract.
Petunjuk Penulisan Program:
catatan bahwa mendeklarasikan sebuah method abstract hampir mirip dalam mendeklarasikan class normal kecuali itu suatu method abstract yang tidak memiliki tubuh dan kepala sehingga dengan segera diakhiri dengan semicolon(;).
Sebagai contoh:

abstract class SuperHero {
String superPowers[];
void setSuperPowers(String superPowers[]) {
this.superPowers = superPowers;
}
void printSuperPowers() {
for (int i = 0; i < superPowers.length; i++) {
System.out.println(superPowers[i]);
}
}
abstract void displayPower();
}
class UnderwaterSuperHero extends SuperHero {
void displayPower() {
System.out.println("Communicate with sea creatures…");
System.out.println("Fast swimming ability…");
}
}
class FlyingSuperHero extends SuperHero {
void displayPower() {
System.out.println("Fly…");
}
}

Interface
Mendeklarasikan sebuah interface pada dasarnya mendeklarasikan sebuah class tetapi sebagai penggantinya menggunakan kata kunci class, kata kunci interface digunakan. Berikut syntaxnya.

::=
interface {
*
[ (*);]*
}

Anggotanya adalah public ketika interface dideklarasikan public.

Petunjuk Penulisan Program:

Secara mutlak atribut adalah static dan final dan harus diinisialisasi dengan nilai konstanta. Seperti mendeklarasikan class teratas, acces modifier yang valid hanyalah public dan package(yakni jika tidak ada acces modifier mengawali kata kunci class). Class mengimplementasikan sebuah interface yang telah ada dengan menggunakan kata kunci implements.
Class ini dibuat untuk mengimplementasikan semua method interface. Sebuah class boleh mengimplementasikan lebih dari satu interface.

Contoh berikut menunjukkan bagaimana mendeklarasikan dan menggunakan sebuah interface.

interface MyInterface {
void iMethod();
}
class MyClass1 implements MyInterface {
public void iMethod() {
System.out.println(“Interface method.”);
}
void myMethod() {
System.out.println(“Another method.”);
}
}
class MyClass2 implements MyInterface {
public void iMethod() {
System.out.println(“Another implementation.”);
}
}
class InterfaceDemo {
public static void main(String args[]) {
MyClass1 mc1 = new MyClass1();
MyClass2 mc2 = new MyClass2();
mc1.iMethod();
mc1.myMethod();
mc2.iMethod();
}
}

Diatas adalah contoh dasar2 Java….
Untuk menguji kemampuan dari Java, disini akan memberi contoh membuat aplikasi mobile dengan java J2ME.

Ikuti langkah dibawah ini :
Disini saya memakai NetBeans IDE 5.5 untuk membuat aplikasi mobile.
Buka program NetBeans IDE anda klik TombolStart pada Windows Taskbar. Kemudian
klik Programs | NetBeans 5.5 | NetBeans IDE.
Kemudian kita akan membuat Project baru dengan nama AplikasiMobile klik Menu File |
New Project.

Selengkapnya Klik JavaMobile untuk melihat tutorial membuat aplikasi mobile dengan Java…….
Selamat mencoba

7 comments on “PEMROGRAMAN

  1. maksih bos…
    keren aplikasi mobile-nya
    di tggu yang lainnya.

  2. ditggu yg lainnya
    mksh…..

  3. Mas…???
    tambahin lagi donk…???
    yang ada aplikasi interface-nya…
    kyk misal membuat perhitungan nilai dgn desain yang keren….
    mksh…

  4. Mas tak copy ya..???? hehehe
    thank’s

  5. ijin copy bos…
    thank…

  6. dEMavp prwmzmtdacug, [url=http://ciysfeynjznp.com/]ciysfeynjznp[/url], [link=http://heeifwwnnmuc.com/]heeifwwnnmuc[/link], http://ykurkyjsulje.com/

  7. thx for all

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: