8 Comments

Membuat Jam Analog

Anda pasti sudah dapat membanyangkan bentuk dari jam analog itu seperti apa bentuknya. Disini kita akan membuat sebuah jam analog sederhana. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut :

Langkah yang pertama adalah membuat file baru dengan ukuran stage 250 x 250 pixels, dan warna background-nya standar atau putih. Caranya adalah dengan memilih menu Modify > Document atau tekan tombol Ctrl + J pada keyboard, maka akan tampil kotak dialog Document Properties dan aturlah sesuai dengan diatas.

Gambar 4.1

Kemudian ganti nama layer 1 menjadi jam. Klik Oval Tool pada toolbox, beri warna pada Fill Color dengan warna biru tua (#003366) lalu pada Stroke Color beri warna silver (#999999).

Buatlah sebuah objek lingkaran pada stage. Seleksi semua objek tadi. Lalu ubahlah ukurannya menjadi 240 x 240. Dan posisikan tepat ditengah-tengah stage dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + 2, kemudian tekan lagi tombol Ctrl + Alt + 5 untuk menengahkan objek tepat ditengah-tengah stage.

Gambar 4.3

Objek masih dalam keadaan terpilih, ubahlah menjadi symbol dengan menekan tombol F8 pada keyboard. Pilih behavior Movie clip dan beri nama ”jam” lalu klik OK.

Objek masih dalam keadaan terpilih, masuklah ke modus edit symbol dengan cara klik dua kali pada objek atau dengan pilih menu Edit > Edit Symbol atau juga dapat dengan menekan tombol Ctrl + E pada keyboard.

Pilih objek fill (objek yang berwarna biru tua) lalu buka panel Color Mixer dengan menekan Shift + F9. Pilihlah Fill Color kemudian pada Fill Style pilih Radial untuk memberikan warna gradasi radial.

Gambar 4.5

Aturlah warna gradasi radial dengan warna biru muda (#0099FF) ke warna biru tua (#003366) hingga terlihat seperti gambar berikut ini :

Gambar 4.6

Maka hasilnya akan nampak seperti gambar dibawah ini :

Gambar 4.7

Selanjutnya kita akan membuat angka-angka yang ada pada jam. Klik Text Tool pada tollbox, lalu pilih Static Text dengan Font : Comic Sans MS, Size : 18, Color : putih, Bold, dan Align : Center seperti terlihat pada gambar berikut :

Gambar 4.8

Buatlah teks angka 12 lalu tempatkan di bagian atas lingkaran seperti gambar berikut :

Gambar 4.9

Pilih objek teks lalu pada panel Color Mixer pilih Fill Color kemudian ubah nilai pada Alpha menjadi 65%.

Gambar 4.10

Pilih objek teks tadi lalu lakukan penyalinan objek dengan cara tekan tombol Ctrl + C kemudian tekan tombol Ctrl + Shift + V untuk menduplikasi objek dengan posisi yang sama. Geser objek teks yang satu ke bawah, kemudian ganti teks dengan angka 6. Lihat gambar :

Gambar 4.11

Pilih objek angka 6 lalu lakukan duplikasi lagi dengan menekan Ctrl + C lalu Ctrl + Shift + V, lalu posisikan objek salinan tadi tepat ditengah-tengah stage dengan cara menekan Ctrl + Alt + 2 kemudian tekan Ctrl + Alt + 5.

Gambar 4.12

Kemudian geser objek angka 6 yang berada di tengah ke kanan dengan cara menggunakan tombol arah pada keyboard sambil menekan dan menahan tombol Shift dan tekan tombol panah kanan beberapa kali hingga posisi objek berada di bagian kanan lingkaran, kemudian ganti teks menjadi 3 (lihat gambar).

Gambar 4.13

Pilih objek angka 3 lalu lakukan lagi proses duplikat dengan Ctrl + C dan Ctrl + Shift + V, lalu pindahkan objek hasil duplikat ke sebelah kiri dan ganti teks menjadi angka 9 (lihat gambar).

Gambar 4.14

Selanjutnya duplikat objek teks 3 sebanyak dua buah dan atur posisinya seperti gambar berikut :

Gambar 4.15

Kemudian duplikat lagi pada tiap objek hasil duplikasi tadi lalu posisikan seperti gambar berikut :

Gambar 4.16

Selanjutnya, seluruh objek hasil duplikasi angka 3 gantikan menjadi angka 1, 2, 4, dan 5 sehingga hasilnya seperti gambar berikut :

Gambar 4.17

Kemudian lakukan duplikasi objek seperti yang tadi sudah dilakukan untuk membuat objek teks untuk angka-angka yang belum dibuat lalu posisikan seperti gambar berikut :

Gambar 4.18

Pilih objek teks 1, 2, 4, 5, 7, 8, 10, dan 11. Pada panel Color Mixer ubahlah nilai pada Alpha menjadi 45%.

Gambar 4.19

Maka hasilnya akan nampak objek yang tadi dipilih dan diberi nilai Alpha 45% nampak transparan seperti gambar berikut :

Gambar 4.20

Langkah berikutnya adalah memberi sedikit hiasan agar bentuk jam tidak begitu kaku. Klik Text Tool Buatlah teks seperti gambar berikut dan posisikan seperti gambar berikut juga.

Gambar 4.21

Untuk lebih lengkapnya lagi, silahkan download tutorial lengkapnya Di sini untuk mendownload tutorial lengkapnya dalam format dpf.

Semoga bermanfaat……….
Terima kasih

By : gapra27

8 comments on “Membuat Jam Analog

  1. ijin downlot tutorialnya…
    makasih dan salam kenal

  2. Tulisan yang sangat bermafaat. terimakasih atas infonya ya..

  3. tutorialnya g berhasil bro’,sudah kuikuti langkah2nya beberapa kali trus jarumnya g bisa bergerak,klw boleh nanya pa skribt yang diberikan gk salah ya’,so dioutput katanya error,tolong dong kira2 yang salah dimana?…

  4. thanks yo filenya..

  5. masalahnya software apa yng dipake..??? kok setiap artikel gak dicantumin software2 apa yg dgunakan…???

  6. keren banget sangat!!! beta suka ini.. makasih ya!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: